Senin, 23 Mei 2011

postheadericon Sejarah Dusun Torowek


>Penamaan Torowek
Tak seperti tempat lain yang memiliki filosofi yang tak rumit dan cenderung simpel. Teperti misalnya dengan nama stasiun kiara condong, konon katanya dulu ada sebatang pohon kiara yang condong. meskipun sekarang pohon itu sudah tidak ada lagi, namun namanya tetap tidak berubah. Atau seperti nama benua yang sekaligus menjadi nama negara, negara adikuasa itu ditemukan oleh dua orang berkebangsaan spanyol, Colombus dan Amrigos sehingga dinamakan benua Amerika.

Dari namanya, Torowek memang terdengar asing dan sedikit menggelitik di telinga. apalagi bagi orang yang baru pertama kali mendengar nama tersebut. Namun di pertengahan abad 20 dan penghujung abad, tepatnya tahun 50-an dan 90-an nama kampung Torowek cukup dikenal di kalangan PT KAI (Kereta Api Indonesia) karena pada saat itu terjadi kecelakaan kereta api yang menelan banyak korban. Dan masih banyak lagi insiden lainnya  meskipun tak menghanyutkan banyak jiwa, seperti roda kereta yang anjlok dan yang lainnya.



Karena banyak terjadi kecelakaan itu maka pihak PT KAI mengganti nama stasiun torowek menjadi stasiun Cirahayu. Padahal insiden kecelakaan bukan disebabkan hanya dari namanya saja, melainkan bisa jadi karena adanya kerusakan jalur rel dan sebagainya.

Tak hanya di PT KAI, di kalangan TPRM (Tim Penelusuran Rel Mati) yang kini telah berubah menjadi KESI (Komunitas Edan Sepur Indonesia)pun nama torowek cukup dikenal. hal ini dikarenakan nama stasiunnya yang telah dihapus dan diganti dengan nama  stasiun cirahayu dan karena nama torowek yang cukup unik dan sedikit asing.

Menurut beberapa responden, nama torowek diambil dari sebuah mata air yang ada di atas perkampungan itu yang bernama citorowek. Yang menjadi tanda tanya besar adalah kenapa mata air itu dinamakan dengan citorowek?. karena penulis belum mengetahui arti dari torowek itu sendiri yang sesungguhnya (hal ini akan menjadi penelitian lebih lanjut lagi untuk penulis). Lain lagi dengan nama ciawi, cirebon, ciamis, cikaso dan ci-ci yang lainnya yang memiliki makna sehingga mungkin hanya dengan berspekulasi saja dapat diketahui filosofi dari tempat itu.

ada banyak orang yang mencoba  mengartikan  nama torowek, dintaranya torowek diambil dari bahasa sunda dengan kata torek yang artinya tuna rungu atau kurang pendengaran. Namun sampai sekarang penulis belum menemukan bukti otentik yang bisa dipercaya dari arti itu. arti lain dari torowek yaitu diambil dari bahasa arab yaitu toriqo. dengan wajan tarowaka-yatarowiku-torowikon, yang artinya jalan. Dan karena lidah orang sunda yang sering balelo jadi disebut torowek. seperti tempat minum yang dalam bahasa inggris glass dalam ucapan sunda menjadi gelas.

Ada juga yang mencoba memberi arti bahwa torowek merupakan kependekan dari torowongan poek. dan ini dibuktikan dengan ada sebuah torowongan yang terletak di bawah rel kereta api di sebelah timur perkampungan torowek. semua arti dari torowek yang tersebut di atas merupakan sebuah banyolan urang torowek untuk mencoba memberi arti pada kampung mereka sehingga memiliki filosofi seperti kampung kebanyakannya..

Bagaimanapun artinya, torowek sekarang sudah menjadi perkampungan yang layak untuk dihuni meskipun tidak memiliki filosofi yang jelas dan mempunyai visi dari nama torowek itu sendiri.

>Pendahulu Torowek
Menurut literatur karuhun-karuhun urang sunda, ada seorang pendahulu buyut yang berasal dari torowek yaitu Buyut Dasi. Sekarang makam beliau ada di sebelah utara pemakaman umum torowek, tepatnya di sebelah timur pohon bungur. Makam buyut dasi ini pernah dijadikan sasaran untuk pertapaan oleh seseorang, tapi berkat izin allah pemujaan itu tidak dilakukan lantaran hujan besar yang mengguyur kampung torowek.

Kemungkinan besar orang torowek berasal dari garis keturunan Buyut Dasi. namun penulis belum memiliki silsilah mengenai beliau, yang nampak jelas menurut beberapa informan di torowek ada seorang eyang yang sampai sekarang penulis bisa tarik garis keturunannya yaitu Eyang Ehom. -Kemungkinan ada hubungan keluarga antara buyut dasi dan eyang ehom-.

Sampai sekarang dari eyang ehom bisa ditemukan silsilahnya. cucu, buyut dan mungkin bahkan sampai jangga warengnya beliau sekarang masih bisa dihubungakan dengannya. Mungkin bila terus dihubungkan nasabnya semua orang torowek khususnya torowek kidul merupakan satu keluarga besar yang memiliki satu nasab yang sama.

menurut orang-orang tua yang sekarang masih ada, torowek dulunya merupakan sarang pemberontakan DI TII. Dan diadakannya stasiun torowek adalah upaya pemerintah untuk mengantisipasi pergerakan DI TII agar tidak menyebar dan menghentikannya. Memang sampai sekarang banyak orang tua-orang tua yang telah berusia lanjut yang ketika mudanya adalah anggota DI TII.

Mungkin dari kependudukan DI TII inilah kampung torowek dijadikan tempat hidup yang layak untuk mempertahankan hidup dan kehidupan orang torowek.
Share

9 komentar:

mochammad shaleh mengatakan...

wah baru tahu ada lembur yang bernama torowek, tapi penting dah buat yang pengen tahu, alur sejarahnya saya kurang negerti boss, coba lebih diperlengkap bagaimana DI TII tuh biar publik lebih faham...

Fahmi Faneja mengatakan...

ya, siap coy....
thank's ya......

Noe Jacoen mengatakan...

torowek itu didaerah mana tuh?
pasti daerah torowek itu gunung eah?
kapan2 bleh tuh maen di daerah torowek

Fahmi Faneja mengatakan...

ups.....lupa ga di cantumin (nanti saya edit lagi), torowek tu di tasikmalaya. di daerah perbatasan tasik utara dan garut.

100 untuk anda dan 900 untuk saya. memang benar torowek terletak di pegunungan, tepatnya di bawah gunung ciak (klw ga slah)

boleh klw mw main mah asal jngn ngrepotin ja. he..he..he...

Anonim mengatakan...

mi alus GOLEUP na uyyy....blah dua...jhhaaa,,,

Anonim mengatakan...

Secara administratif, Torowek itu masuk desa dan kecamatan apa, ya?

Sarahdhilah mengatakan...

Torowek daerah tasikmalaya utara tepatnya desa cibahayu kecamatan kadipaten arah masuknya dari tanjakan gentong masuk kampung wage kl 5-8 km sekedar impormasi bro

Unknown mengatakan...

Admin nya orang mana nih kok bisa tau salah satu silsilah kampung torowek??
Kebetulan saya sendiri asli orang kampung trowek

Unknown mengatakan...

Adminnya kebetulan orang Trowek.

About Me

Foto Saya
Fahmi Faneja
Fundamental, Sosialis, Sekuler dan Liberal....
Lihat profil lengkapku
FAHMI FANEJA. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut